Ikuti Kami di Google News untuk mendapatkan Postingan Terbaru Ikuti Sekarang

Contoh Soal OSN Kimia SMA dan Penyelesaiannya Terbaru 2023

Contoh Soal OSN Kimia SMA dan Penyelesaiannya Terbaru 2023 - Kumpulan Soal OSN KSN Kimia SMA Beserta Pembahasan
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Table of Contents



Contoh Soal OSN Kimia SMA dan Penyelesaiannya Terbaru 2023 - Sebuah zat mengandung atom karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Jika komposisi massa persentase karbon adalah 40%, hidrogen adalah 6,67%, dan oksigen adalah 53,33%, maka rumus empiris zat tersebut adalah...

a. CH b. C2H3O c. C3H2O2 d. C2H5O e. C2H4O2

Pembahasan: Kita dapat menentukan rumus empiris dengan menghitung jumlah mol dari masing-masing unsur yang ada dalam sampel, lalu membaginya dengan mol terkecil untuk mendapatkan rasio molar yang sederhana. Dalam kasus ini, kita dapat asumsikan 100 gram sampel, sehingga massa karbon, hidrogen, dan oksigen akan menjadi 40 gram, 6,67 gram, dan 53,33 gram, masing-masing.

Langkah selanjutnya adalah mengonversi massa menjadi mol dengan membagi masing-masing massa dengan massa molar relatif dari unsur tersebut. Massa molar relatif dari C, H, dan O berturut-turut adalah 12, 1, dan 16 g/mol.

Maka jumlah mol C dalam sampel adalah 40 g / 12 g/mol = 3,33 mol Jumlah mol H dalam sampel adalah 6,67 g / 1 g/mol = 6,67 mol Jumlah mol O dalam sampel adalah 53,33 g / 16 g/mol = 3,33 mol

Kumpulan Soal OSN KSN Kimia SMA Beserta Pembahasan

Untuk mendapatkan rasio molar yang sederhana, kita harus membagi semua jumlah mol dengan jumlah mol terkecil, yaitu 3,33. Hasilnya adalah 1:2:1, sehingga rumus empiris zat tersebut adalah C2H4O2. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah e.Reaksi berikut terjadi pada suhu dan tekanan konstan: 4NH3(g) + 5O2(g) → 4NO(g) + 6H2O(g) Diketahui bahwa pada suhu dan tekanan tertentu, laju reaksi adalah 0,1 mol/detik untuk NH3 dan 0,05 mol/detik untuk O2. Berapakah laju pembentukan NO?

a. 0,1 mol/detik b. 0,05 mol/detik c. 0,02 mol/detik d. 0,04 mol/detik e. 0,08 mol/detik

Pembahasan: Untuk menentukan laju pembentukan NO, kita harus menghitung laju reaksi terhadap salah satu reaktan dan kemudian mengalikannya dengan koefisien stoikiometri yang sesuai. Dalam hal ini, karena reaksi berlangsung pada tekanan dan suhu konstan, laju reaksi dapat dihitung berdasarkan persamaan:

Laju reaksi = -Δ[NH3] / Δt = -Δ[O2] / Δt = Δ[NO]


Kita dapat menghitung laju reaksi untuk NH3 dan O2, lalu mengambil nilai terkecil dari keduanya untuk menentukan laju pembentukan NO.

Laju reaksi untuk NH3: Δ[NH3] / Δt = -0,1 mol/detik

Laju reaksi untuk O2: Δ[O2] / Δt = -0,05 mol/detik

Karena koefisien stoikiometri untuk NH3 adalah 4 dan untuk O2 adalah 5, maka laju pembentukan NO adalah: Δ[NO] / Δt = 0,1 / 4 x 4 = 0,025 mol/detik

Jadi, jawaban yang benar adalah c, yaitu 0,02 mol/detik.

contoh soal OSN Kimia tahun 2022 tingkat SMA, lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan.

Sebuah larutan NaCl memiliki konsentrasi molal 0,1 mol/kg. Berapakah molalitasnya?

a. 0,1 mol/L b. 0,1 mol/kg c. 0,2 mol/L d. 0,2 mol/kg e. 1,0 mol/kg

Pembahasan: Konsentrasi molal didefinisikan sebagai jumlah mol solut dalam 1 kg pelarut. Molalitas, di sisi lain, didefinisikan sebagai jumlah mol solut dalam 1 kg massa solvent.

Karena konsentrasi molal NaCl adalah 0,1 mol/kg, maka 1 kg pelarut (air) mengandung 0,1 mol NaCl. Jika kita asumsikan massa jenis air adalah 1 kg/L, maka 1 L air (atau pelarut) akan mengandung 0,1 mol NaCl.

Untuk menghitung molalitas, kita perlu menentukan jumlah massa solvent dalam 1 kg pelarut. Kita tahu bahwa massa jenis air adalah 1 kg/L, sehingga 1 L air memiliki massa 1 kg. Oleh karena itu, 1 kg pelarut mengandung 1 L air.

Karena itu, molalitas NaCl dapat dihitung sebagai berikut: molalitas = jumlah mol solut / massa solvent dalam kg molalitas = 0,1 mol / 1 kg molalitas = 0,1 mol/kg

Jadi, jawaban yang benar adalah b, yaitu 0,1 mol/kg.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.